Elegant Rose

Jumat, 09 Desember 2011

Manga Vs Anime Rose of Versailles

Diposkan oleh Hayyu François de Jarjayes di 11:26 AM
Setelah membaca dan menonton manga dan anime Rose of Versailles, ada beberapa perbedaan yang saya temukan antara manga dan anime nya. Berikut ini perbedaan-perbedaan yang saya temukan, kayaknya sih masih ada yang terlewat. Soalnya banyak banget sih… oke deh cekidot!!! 




  1. Di versi anime, diceritakan Oscar harus berduel dengan Gerodéré untuk mendapatkan posisi komandan pasukan pengawal Prancis. Di manga tidak dijelaskan, Oscar begitu saja diangkat sebagai komandan pasukan pengawal istana ketika menyambut kedatangan Putri Marie Antoinette dari Austria.
  2. Di versi anime ada saat ketika Oscar berperang batin antara keinginan terdalamnya untuk menjalani kehidupannya sebagai wanita sebagaimana mestinya, atau dia harus menuruti keinginan ayahnya untuk menjadi seorang perwira militer.
  3. Di versi manga disebutkan bahwa André Grandier dibawa ke keluarga Jarjayes ketika dia berumur 8 tahun dan Oscar 7 tahun. Namun di versi anime disebutkan bahwa André dan Oscar pernah hampir tenggelam di danau. Saat itu André berusia 6 tahun dan Oscar 5 tahun. Kemungkinan dalam versi anime, André dibawa ke kediaman keluarga Jarjayes pada usia 6 tahun atau bahkan mungkin sebelumnya.
  4. Di versi anime, ketika Putri Marie Antoinette datang dari Austria, ada kejadian tak terduga dimana Antoinette diculik oleh orang-orang suruhan Duke Orleans yang ingin menggagalkan pernikahan Antoinette dengan Putra Mahkota. Namun untungnya Oscar datang menyelamatkan Putri Antoinette. Sedangkan di manga tidak diceritakan kejadian ini, semua mulus-mulus saja.
  5. Sewaktu kunjungan pertama Putri Antoinette dan Putra Mahkota Louis XVI, terjadi insiden yang (lagi-lagi) direncanakan oleh Duke Orleans yang ingin merebut tahta. Orleans menyuruh orang untuk melemparkan peledak ke kereta yang membawa Putra dan Putri Mahkota. Namun lagi-lagi berhasil digagalkan oleh Oscar. Kejadian ini juga tidak diceritakan dalam manga.
  6. Dalam versi anime, Duke Orleans sempat bekerja sama dengan Madame Du Vally untuk menghancurkan Putra dan Putri mahkota. Dalam manga tidak diceritakan.
  7. Dalam versi anime diceritakan Madame Du Vally membuat gossip tentang Marie Antoinette dan Fersen dengan menyuruh orang untuk membuat surat cinta atas nama Marie Antoinette yang ditujukan pada Fersen. Dalam versi manga, tidak ada kejadian ini.
  8. Dalam versi manga, Raja Louis XVI menyebut warna gaun sutra coklat yang dibawa Rose Berten, desainer dari Paris, seperti “warna kutu”. Sedangkan dalam versi anime André lah yang menyebutnya seperti “warna kutu” karena dia kebingungan karena tiba-tiba dimintai pendapat tentang gaun itu oleh Ratu Marie Antoinette. Ckckckck… u,u
  9. Duel antara Oscar dengan Duke de Guemene tidak terjadi dalam versi manga karena dicegah oleh Ratu Antoinette. Sedangkan dalam versi anime, Oscar berduel dengan Duke de Guemene dan Oscar berhasil menembak tangan Duke de Guemene.
  10. Sewaktu Oscar dan André berada di kota Arras, mereka menolong seorang anak yang sakit. Ini hanya diceritakan di versi anime, sedangkan di manga tidak diceritakan.
  11. Dalam anime, diceritakan Rosalie diam-diam membuntuti kereta yang membawa Countess Polignac kemudian menariknya ke tempat yang sepi. Rosalie berusaha membunuh Countess Polignac tapi tidak jadi, dan saat itulah Countess Polignac mengetahui bahwa Rosalie adalah anaknya yang hilang. Sedangkan dalam manga tidak diceritakan hal ini. Countess Polignac menegtahui bahwa Rosalie adalah anaknya dari Charlotte yang keceplosan menyebut Rosalie La Morliere.
  12. Gaun yang dipakai Oscar ke pesta dansa berbeda antara versi anime dan manga. Dalam versi manga, Oscar memakai Gaun Odalisque (ala istana Turki dengan leher tertutup), sedangkan dalam versi animenya Oscar memakai gaun ala Prancis.
  13. Dalam versi anime, Fersen datang sendiri ke pesta dansa sedangkan dalam versi manga, Fersen datang bersama Sofie, adiknya yang baru datang dari Swedia.
  14. Dalam versi anime, Fersen mengenali Oscar yang mengenakan gaun dari gerak reflek Oscar ketika Fersen menarik tangan Oscar. Sedangkan dalam versi manga, Fersen mengenali Oscar dari wajahnya.
  15. Dalam versi manga ketika Oscar melarikan diri dari ruangan pesta dan meninggalkan Fersen sendiri di tengah dansa mereka, Oscar bertemu dengan Ksatria Hitam. Sedangkan di versi anime, Oscar tidak bertemu dengan Ksatria Hitam.
  16. Dalam versi manga, pada saat kepala Oscar terluka ketika dia membuntuti Ksatria Hitam sampai ke Palais Royale (Istana Duke Orleans), tangan Oscar tiba-tiba ditarik oleh seseorang masuk ke dalam sebuah rumah yang ternyata orang itu adalah Rosalie. Sedangkan dalam anime, Oscar pingsan di depan sebuah rumah dan ditemukan oleh Rosalie yang saat itu memang tinggal di rumah itu.
  17. Dalam versi manga, setelah Rosalie menolong Oscar dan mengobati luka di kepalanya, Rosalie pulang kembali ke puri Jarjayes bersama Oscar. Dalam versi anime, Rosalie menola ajakan Oscar untuk pulang ke puri Jarjayes karena Rosalie lebih menyukai kehidupannya di Paris sebagai rakyat biasa.
  18. Dalam versi manga, Oscar menyuruh André menyamar menjadi Ksatria Hitam gadungan untuk menjebak Ksatria Hitam yang asli. Sedangkan di versi anime, André sendiri lah yang ingin menggantikan Oscar menyamar sebagai Ksatria Hitam.
  19. Dalam versi manga, Ksatria Hitam menyekap Oscar dan Rosalie. Sedangkan dalam anime, Ksatria Hitam hanya menyekap Oscar.
  20. Dalam versi anime, Oscar menembak lengan Ksatria Hitam ketika dia berusaha kabur dari Oscar. Sedangkan dalam versi manga, Rosalie lah yang menembak Ksatria Hitam yang sedang menyudutkan Oscar. Ksatria Hitam kemudian dibawa ke tempat tinggal Oscar di Puri Jarjayes untuk diintrogasi.
  21. Di anime, Oscar menyuruh Bernard Chatelet a.k.a Ksatria Hitam untuk bersembunyi sementara di rumah Rosalie di Paris. Jadi kemungkinan Bernard bertemu Rosalie disana kemudian mereka menikah. Dalam manga, Bernard bertemu Rosalie di rumah keluarga Jarjayes dan Rosalie membantu mengobati luka tembak di lengan Bernard. Kemudian setelah sembuh, Bernard pun membawa Rosalie tinggal bersamanya sebagai istrinya.
  22. Dalam versi anime, penyamaran Oscar sebagai ‘mysterious countess’ di pesta dansa dibongkar oleh Fersen ketika mereka berada di rumah Oscar. Sedangkan dalam versi manga, Fersen membongkar penyamaran Oscar ketika mereka berada di halaman rumah Fersen.
  23. Dalam versi anime, ketika penyamaran Oscar sebagai ‘mysterious countess’ di pesta dansa terbongkar, Oscar memutuskan untuk tidak bertemu lagi dengan Fersen dan memutuskan hubungannya dengan Fersen. Sedangkan dalam versi anime, Fersen lah yang memutuskan untuk tidak menemui Oscar lagi karena tidak ingin Oscar terlalu berharap pada dirinya.
  24. Dalam versi anime, Oscar memutuskan untuk keluar dari Pasukan Pengawal Istana karena dia tidak ingin lagi bertemu dengan Fersen maupun Antoinette yang merupakan satu-satunya wanita yang dicintai Fersen dan ingin melupakan Fersen dengan cara menjalani hidup yang ‘lebih menantang’ untuk menghilangkan perasaannya sebagai wanita. Sedangkan dalam versi manga, Oscar keluar dari Pasukan Pengawal Istana karena pernah dikatai ‘boneka hiasan istana’ oleh Bernard Chatelet. Selain itu dia juga ingin mengetahui kehidupan rakyat lebih dekat.
  25. Dalam versi manga, André menjadi anggota Pasukan Pengawal Prancis atas perintah dari ayah Oscar, Jendral Jarjayes, untuk menjaga Oscar. Sedangkan dalam anime nya, André masuk sebagai anggota Pasukan Pengawal Prancis, atas keinginannya sendiri. Tanpa sepengetahuan Oscar, André dibantu oleh seorang laki-laki yang ia kenal di sebuah bar yaitu Alain de Soison, yang kebetulan merupakan anggota Pasukan Pengawal Prancis.
  26. Karakter alain de Soison dalam versi anime dan manga sedikit berbeda. Dalam versi manga, Alain digambarkan sebagai laki-laki yang kasar, keras kepala, susah diatur, sering kali menjahili Oscar dan memprovokasi teman-temannya untuk membenci Oscar agar Oscar keluar dari pasukan Pengawal Prancis (walaupun belakangan diketahui bahwa ternyata diam-diam Alain menyukai Oscar). Alain juga sering mengejek André Grandier akan cintanya kepada Oscar yang tidak mungkin kesampaian serta membencinya seperti Alain membenci Oscar, karena André menjadi ‘anjing penjaga bangsawan’. Bahkan Alain sempat berkelahi dengan André. Namun di versi anime, Alain cenderung lebih tenang dan tidak begitu memperlihatkan kebenciannya kepada bangsawan. Selain itu dia juga berteman baik dengan André bahkan Alain lah yang membantu André bergabung di Pasukan Pengawal Prancis.
  27. Dianne de Soison, adik Alain, dalam versi manga digambarkan memiliki rambut hitam. Sedangkan di versi anime, rambut Dianne berwarna coklat.
  28. Pada hari pertama Oscar bertgas di Pasukan Pengawal Prancis, para prajurit membangkang, tidak mau diperintah oleh komandan wanita. Oscar kemudian menantang mereka berduel. Kalau Oscar menang, mereka harus mematuhi perintahnya. Sedangkan kalau Oscar kalah, Oscar bersedia mengundurkan diri dari Pasukan Pengawal Prancis.dalam versi manga, Alain lah yang berduel dengan Oscar, sedangkan dalam versi anime, Alain menyuruh temannya yang lain berduel dengan Oscar.
  29. Dalam versi anime, diceritakan Lassal Dressel, salah satu anak buah Oscar di Pasukan Pengawal Prancis ketahuan menggadaikan senapan milik Pasukan Pengawal Prancis dan dihukum mati. Alain menyalahkan Oscar dalam hal ini dan mengajaknya berduel. Dalam anime kejadian ini tidak diceritakan.
  30. Karakter Saint-Just dalam versi anime berbeda dengan versi manga. Dalam versi anime, Saint-Just digambarkan sebagi pemuda revolusioner yang berdarah dingin dan suka membunuhi para bangsawan. Saint-Just bahkan sempat memburu Oscar namun tidak pernah berhasil. Dia juga selalu dicurigai oleh Maximilien de Robespierre dan Bernard Chatelet. Sedangkan dalam versi manga, Saint-Just bukan pembunuh berdarah dingin (atau paling tidak, belum menjai pembunuh berdarah dingin) dan akrab dengan Bernard bahkan dia tinggal bersama Bernard dan Rosalie.
  31. Dalam versi anime, jendral Jarjayes sempat menjadi korban salah sasaran dari peluru yang ditembakkan oleh Saint-Just yang sebenarnya dimaksudkan untuk Jendran Bouille yang duduk disebelahnya.
  32. Dalam versi anime, pesta dansa yang diselenggarakan untuk memilih pendamping hidup Oscar, diselenggarakan oleh Jendral Bouille, sahabat baik Jendral Jarjayes, ayah Oscar. Sedangkan versi anime, pesta itu diselenggarakan di kediaman Keluarga Jarjayes dan Oscar mengacaukan pesta itu dan lari keluar sambil tertawa terbahak-bahak membuat semua laki-laki yang ingin meminangnya, mengurungkan niatnya, kecuali Gerodéré yang pantang menyerah untuk mendapatkan Oscar.
  33. Dalam versi anime, Gerodéré memutuskan untuk menyerah terhadap Oscar arena Oscar menunjukkan sikap dia tidak mau menikah dengan siapapun. Sedangkan dalam versi manga, Oscar lah yang meminta Gerodéré mundur karena dia tidak ingin melihat André tersakiti karena pernikahannya. Gerodéré pun menyanggupi, dia mundur sebagai bukti cintanya yang tulus kepada Oscar.
  34. Dalam versi anime, Oscar sudah mengetahui bahwa kedua mata André buta dari Dr. Lasonne yang memberitahunya mengenai hal ini, sedangkan dalam versi manga, Oscar baru mengetahuinya ketika André sekarat katena tertembak di dada nya.
  35. Dalam versi anime, Oscar menyatakan cintanya kepada André di pinggir danau ketika mereka akan menuju ke barak Pasukan Pengawal Prancis. Di versi manga, Oscar menyatakan cintanya kepada André ketika mereka berada di kamar Oscar setelah André menyelamatkan Oscar dari kemarahan Jendral Jarjayes.
  36. Dalam versi anime, André tertembak di bawah jembatan. Sedangkan dalam versi manga, André tertembak ketika terjadi kerusuhan di lapangan Tuilleries.
  37. Dalam versi anime, Oscar meninggal 1 jam sebelum Bastille ditaklukkan. Sedangkan di versi manga, Oscar meninggal tepat setelah Bastille berhasil ditaklukkan.(jujur saya masih ga rela Oscar meninggal T.T)
  38. Dalam versi manga, rambut Marie Antoinette dipotong pendek sebelum dieksekusi dengan guillotine. Sedangkan dalam versi anime nya, rambut Antoinette dibiarkan panjang.
  39. Dalam versi manga, sebelum meninggalkan penjara untuk eksekusi mati di guillotine, Marie Antoinette memberikan pita rambutnya kepada Rosalie sebagai kenang-kenangan. Sedangkan dalam versi anime nya, Marie Antoinette memberikan setangkai mawar yang dibuatnya dari kertas kosmetik kepada Rosalie, dan meminta Rosalie mewarnai mawar tersebut sesuai dengan gambaran Oscar. Namun Rosalie membiarkannya tetap putih karena Oscar digambarkan seperti mawar putih.
Nah itulah perbedaan-perbedaan yang berhasil saya himpun, mungkin masih ada yang kurang. Yah,,, gampang deh saya edit lagi nanti :D.

Facebook Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Merci Beaucoup ^^

 

Versailles No Bara Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | Illustration by Enakei | Blogger Blog Templates