Elegant Rose

Sabtu, 17 Desember 2011

Cinta Terlarang Marie Antoinette dengan Hans Axel von Fersen dalam Sejarah

Diposkan oleh Hayyu François de Jarjayes di 10:57 AM

Rupanya Ratu Marie Antoinette tidak hanya berurusan dengan masalah Kasus Kalung Permata yang membuat citranya yang sudah buruk menjadi semakin buruk di mata rakyat Prancis pada saat itu. Istri dari Raja Louis XVI ini juga disebutkan dalam sejarah bahwa beliau terlibat hubungan asmara dengan seorang bangsawan Swedia, Hans Axel Von Fersen. Bahkan katanya nih ya, hubungan cinta terlarang mereka membuahkan ‘hasil’ yaitu Pangeran Louis Charles, sang Putra Mahkota alias Louis XVII. Apakah gosip itu benar adanya?? Ataukah hanya kabar angin yang membuat citra Ratu Antoinette semakin buruk di mata rakyat Prancis?? Kita saksikan saja di Jilat Investigasi (peniti bros style ;p).


Di sini saya mendapat sumber dari Wikipedia dan mohon maaf apabila translate-an saya jelek. Heheheheh… yuk cekidot!!!


Tentang Hans Axel Von Fersen

Letjend Count Hans Axel von Fersen, (4 September 1755 – 20 Juni 1810) adalah seorang bangsawan Swedia, sekaligus Letnan Jendral dalam Pasukan Tentara Istana Swedia. Dia juga terkenal dalam sejarah sebagai kekasih gelap Ratu Marie Antoinette, Ratu Prancis.
Hans Axel von Fersen adalah putra dari negarawan Count Axel von Fersen Senior dan Countess Hedvig Catharina De la Gardie, keponakan dari Eva Ekeblad dan cucu dari Hans Reinhold Fersen.  Dia juga terkenal sebagai pria yang disukai banya wanita, dan memiliki hubungan asmara dengan beberapa orang wanita, khususnya dengan petualang wanita kelahiran Italia, Eleanore Sullivan, dan Duchess Hedwig Elizabeth Charlotte of Holstein-Gottorp, yang menikah dengan Raja Charles XIII dari Swedia. Tidak diketahui apakah memang ada hubungan asmara antara Duchess Hedwig dengan Count Fersen, namun hanya diketahui bahwa sang Duchess meminta untuk melanjutkan ‘hubungan’ mereka ketika Fersen kembali ke Swedia setelah kematian Ratu Marie Antoinette dan bahwa Fersen menolak permintaan tersebut. Raja Charles sebaliknya malah menjalin ‘hubungan gelap’ dengan sepupu Hans Axel von Fersen, yaitu Augusta von Fersen.


Louis Charles a.k.a Louis XVII Anak Marie Antoinette dan Fersen??

Hans Axel von Fersen, seorang bangsawan muda dari Swedia, memang merupakan favorit di kalangan istana Prancis, bukan hanya karena keakraban ayahnya dengan Prancis tetapi juga karena kecerdasan dan ketampanannya.

Ratu Marie Antoinette, yang pertama kali bertemu dengan Fersen ketika mereka berdua sama-sama berusia 18 tahun (30 Januari 1774), tertarik dengan ketampanan Fersen yang memang diturunkan oleh keluarganya. Kemungkinan Fersen tetap tinggal di Versailles, ikut dalam pertempuran di Amerika, tetapi saat itu dia memang diperintah oleh pemimpinnya sendiri. Fersen mengiringi Gustav III dari Swedia dalam kunjungannya ke Italia dan Prancis, dan kembali ke Swedia bersamanya pada tahun 1784.

Pada tahun 1785 Marie Antoinette melahirkan anak ke tiga Louis Charles, yang bergelar Duke of Normandy, dan kelak menjadi Putra Mahkota setelah kematian Putra Mahkota Pertama Louis-Joseph (anak kedua dari Marie Antoinette, anak pertamanya adalah Putri Marie Therese Charlotte). Kemudian Louis XVI menulis dalam jurnalnya bahwa hal itu terjadi ketika ‘putranya’ tersebut sudah lahir. Dituliskan bahwa beberapa orang mengatakan bahwa Louis Charles yang kemudian menjadi Putra Mahkota Prancis, adalah anak biologis dari Marie Antoinette dengan Hans Axel von Fersen. Bagaimanapun mereka tidak mirip. Louis XVII kecil mirip dengan dua anggota keluarga Bourbon, dari pihak ayah yaitu pamannya, Charles X (Count Charles d’Artois, adik bungsu Louis XVI) dan neneknya Putri Maria-Josefa (ibu dari Louis XVI). Pernyataan bahwa Fersen merupakan ayah biologis dari Louis Charles atau Louis XVII ini telah dihapus dari penulis biografi Louis Charles, Deborah Cadbury dan oleh penulis bigrafi Marie Antoinette, Antonia Fraser.

Sedikit sulit untuk menyatakan seberapa jauh hubungan cinta mereka berjalan. Sulit untuk seorang Ratu Prancis untuk tinggal sendirian beberapa waktu saja, Ratu selalu ditemani oleh orang-orang. Kecuali kalau beberapa dokumen asli yang mengungkap hubungan antara Marie Antoinette dan Hans Axel von Fersen, hal ini membuat orang bertanya-tangya hubungan mereka hanya sebatas pertemanan ataukah lebih dari itu.

Warna mata dan rambut Fersen menjadi alasan kontroversi tersebut, seperti gambaran anak dari Marie Antoinette tersebut (seperti Marie Antoinette sendiri yang pirang), sedangkan mata Fersen kemungkinan berwarna hazel, namun pada deskripsi lainnya disebutkan warna mata Fersen itu hijau, biru, bahkan coklat gelap. Warna rambut Fersen diperdebatkan. Dikatakan bahwa warna rambutnya coklat terang atau semacam pirang gelap. Namun dikatakan juga bahwa Fersen pernah mengecat rambutnya menjadi hitam.

Ketika perang antara Raja Gustav III pecah pada tahun 1788, Hans Axel von Fersen bergabung dengan kerajaannya sebagai ajudan untuk Finlandia, tetapi pada musim gugur di tahun yang sama dia dikirim ke Prancis, dimana suasana politik di sana sudah semakin suram. Saat itu memang penting bagi Gustav III untuk memiliki agen seutuhnya dalam kepercayaan keluarga kerajaan Prancis, dan di waktu yang sama cukup mungkin dan mampu untuk menolong mereka dalam keadaan sulit tersebut, khususnya saat beliau kehilangan kepercayaan pada wakil menterinya, Baron Erik Magnus Staël von Holstein. Dengan perintahnya, dia mengatur Fersen, yang berada dalam posisinya pada tahun 1790. Sebelum akhir tahun, Fersen terpaksa mengakui bahwa keadaan kerajaan Prancis tidak ada harapan selama raja dan ratu Prancis menjadi tawanan di Negara mereka sendiri, dalam kekuasaan rakyat.

Hans Axel von Fersen kemudian memimpin pelarian keluaga kerajaan ke Varennes. Dia menanggung sebagian besar keperluan dana untuk pelarian tersebut. Dia memesan 6 kereta kuda, atas nama Baron von Korff dan menyimpannnya di rumah miliknya di Rue Matignon, agar seluruh Paris terbiasa dengan pemandangan tersebut. Dia yang mengendalikan kereta yang membawa keluarga kerajaan dari Place du Carrousel ke Porte Saint-Martin, di mana kereta kuda lain menunggu mereka. 


Jadi apakah benar Louis Charles ini adalah anak dari Marie Antoinette dan Fersen?? Kemungkinan besar semua itu hanya gosip saja yang disebarkan oleh orang-orang yang membenci keluarga kerajaan. Lalu apakah hubungan cinta antara Marie Antoinette dan Fersen itu memang benar-benar terjadi? Apabila dilihat dari ketertarikan di antara mereka pada pertemuan pertama mereka, hubungan itu mungkin ada. Namun apakah ketertarikan itu berlanjut pada hubungan cinta atau hanya sebatas hubungan pertemanan saja, masih belum jelas. Bagaimanapun, sampai saat ini beberapa film dan buku-buku yang mengisahkan tentang Ratu Marie Antoinette memang menggambarkan hubungan cinta terlarang ini. Contohnya saja di sini di cerita manga dan anime Rose of Versailles, begitu pun dalam film Lady Oscar: The Movie. 

Facebook Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Merci Beaucoup ^^

 

Versailles No Bara Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | Illustration by Enakei | Blogger Blog Templates